Beranda | Artikel
Syarat Sah Jual Beli, Objeknya Diketahui - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 6 April 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 9 Rajab 1438 / 6 April 2017. Pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitab Jual Beli yaitu tentang “Syarat Sah Jual Beli, Objeknya Diketahui“.

Download kajian sebelumnya: Syarat Sah Jual Beli, Barang Bisa untuk Diserahkan

(Download juga: kitab Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF)
di sini

Ringkasan Kajian Kitab Zadul Mustaqni (Kitab Jual Beli) – Syarat Sah Jual Beli, Objeknya Diketahui

Syarat sah jual beli yang berkaitan dengan objeknya adalah objek yang diperjual belikan tersebut telah diketahui pada saat akad. Baik itu diketahui jenisnya, bentuknya, dan yang lainnya, agar tidak ada unsur gharar dan hal-hal tidak jelas lainnya.

Objek yang akan diperjual-belikan harus diketahui baik secara jelas dzahirnya maupun secara sifatnya. Tidak sah jual beli apabila objek atau barang yang diperjualbelikan itu tidak jelas.

Kalau pihak penjual sudah menjelaskan tentang objeknya, namun pembeli tidak paham tentang manfaat atau penggunaanya maka tetap sah dan boleh. Hukumnya akan menjadi tidak sah apabila ada unsur penipuan.

Apabila seseorang membeli sesuatu yang belum pernah dilihatnya, atau pernah dilihatnya tapi tahun yang lalu (sudah lama), atau dijelaskan tapi tidak secara rinci maka tidak sah akad jual belinya. Pendapat ini menurut Imam Ibnu Qudamah rahimahullah. Namun, menurut pendapat yang terkuat wallahu a’lam akadnya sah dengan hak si pembeli mendapatkan kesempatan dan hak untuk mengembalikan barang tersebut apabila tidak sesuai kenyataannya.

Simak penjelasan lengkapnya mengenai syarat jual beli ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Zadul Mustaqni (Kitab Jual Beli) – Syarat Sah Jual Beli, Objeknya Diketahui


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26413-syarat-sah-jual-beli-objeknya-diketahui-kitab-zadul-mustaqni-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-ma/